Kamis, 18 November 2010

Alice in the Wonderland


Kisah ini berawal ketika Alice (Mia Wasikowska), putri bangsawan Inggris, hidup dalam dunia yang serba mewah dengan fasilitas memadai. Ia menjalani kehidupannya sesuai dengan kehidupan bangsawan pada saat itu, yang harus memiliki jodoh seorang pangeran atau keturunan bangsawan juga. Para gadis yang hidup pada masa itu diharuskan menikah pada umur 19 tahun.


Suatu hari, keluarga Alice mengadakan pesta besar-besaran yang tujuannya tidak diketahui Alice. Ternyata pesta tersebut adalah pesta pertunangan Alice. Tentu dia sangat terkejut dengan hal itu. Baik ibu maupun kakaknya menyarankan agar dia tidak menolak pinangan sang pangeran.

Namun, tanpa disangka, menjelang acara pertunangan, Alice justru mengalami petualangan lain yang tak pernah diduganya. Petualangannya itu bermula ketika ia melihat kelinci putih bernama McTwisp (Michael Sheen) yang memakai baju dan bisa berjalan layaknya manusia. Karena penasaran, Alice-pun mengikuti kelinci itu hingga memasuki lubang kelinci.

Ketika memasuki lubang kelinci itulah, Alice terjatuh ke dalam lorong panjang yang membawanya ke Wonderland. Tubuh Alice mengecil sebesar ibu jari manusia saat memasuki pintu masuk ke Wonderland.

Tanpa sepengetahuan Alice, ternyata kedatangannya ke Wonderland telah dinanti-nantikan oleh seluruh makhluk menakjubkan yang tinggal di Wonderland. Dia berteman dengan penghuni Wonderland, di antaranya Mad Hatter (Johnny Depp), Si Kembar Tweedledee dan Tweedledum (Matt Lucas), dan kucing yang bisa menghilang Cheshire Cat (Stephen Fry).

Menurut cerita teman-teman barunya, Alice pernah datang ke Wonderland ketika berusia enam tahun saat Wonderland berada dalam bahaya. Kali ini, Alice diundang kembali ke Wonderland untuk menggulingkan kekuasaan Red Queen Iracabeth (Helena Bonham Carter), si ratu jahat pemimpin Kerjaan Crims yang saat itu berkuasa di Wonderland. Caranya adalah dengan mengalahkan monster Jabberwocky ganas yang menyerupai naga. Hal itu diramalkan akan terjadi pada Frabjous Day menurut kalender Wonderland. Dan takdir Alice untuk menghadapi Jabberwocky telah tersuratkan.

Kedatangan Alice ke Wonderland akhirnya terendus Red Queen Iracabeth . Segera saja ia mengirim pasukan untuk menangkap Alice. Namun, bukan Alice yang tertangkap, justru Hatter-lah yang mengumpankan dirinya untuk ditangkap. Alice tak bisa tinggal diam mengetahui bahwa Hatter telah ditangkap. Maka ia memutuskan untuk datang ke Kerajaan Crims demi menyelamatkan Hatter. Disana , ia bertemu McTwisp lagi yang membantunya agar bisa masuk ke dalam istana.

McTwisp memberinya kue yang membuat Alice bisa membesar seperti raksasa agar bisa diterima di Kerajaan Crims. Red Queen menerima siapa saja menjadi pengikutnya asalkan memiliki keanehan pada tubuhnya karena Red Queen sendiri bertubuh aneh dengan ukuran kepala kelewat besar. Alice mengaku namanya adalah Umbradge. Segera saja Alice menjadi kesayangan baru Red Queen. Berkat Alice pulalah, Hatter tidak dihukum, tetapi dijadikan sebagai pembuat topi bagi sang ratu.

Di belakang Red Queen, Alice berkonspirasi dengan teman-temannya untuk mencuri pedang Volpar milik White Queen Mirana (Anne Hathaway), pemimpin Kerajaan Marmoreal, yang dipercaya bisa membunuh Jabberwocky. Dia pun berhasil membawa pedang Volpar ke Marmoreal untuk mengembalikan pedang itu kepada White Queen. Beberapa tawanan Red Queen ikut serta dibawa oleh Alice dalam pelariannya.

Kemarahan Red Queen meledak saat dia mengetahui bahwa Alice berhasil kabur membawa pedang Vorpal dan Hatter yang rencananya akan dieksekusi dengan dipenggal kepalanya juga berhasil kabur bersamanya. Melihat kejadian itu tentunya Red Queen semakin geram dan marah. Ia memerintahkan pasukannya untuk bersiap menghadapi perang dengan pasukan White Queen. Tentu saja ia membawa Jabberwocky. Di lain pihak pasukan White Queen juga telah mempersiapkan diri dari serangan itu. Red Queen mengutus Jabberwocky untuk berperang mewakili Red Queen. Sementara Alice maju sebagai utusan White Queen, yang akan menghadapi Jabberwocky.

Seperti dongeng pada umumnya, peperangan pun dimenangkan pihak yang baik. Perang itu pun dimenangkan pihak White Queen karena Alice berhasil memenggal kepala Jabberwocky, yang berarti tamatlah pula kekuasaan Red Queen di negeri itu.


Penilaian Keseluruhan

Film "Alice In Wonderland" ini sangat menakjubkan dengan berbagai efek yang tidak dibayangkan sebelumnya. Penonton akan dibawa ke dalam suasana alam Wonderland yang mempesona sekaligus tidak masuk akal. Begitulah enaknya membuat cerita khalayan, karena segalanya menjadi mungkin.

Tim Burton sebagai sutradara telah berhasil mengemas film ini dengan baik, seperti film animasi dan bergende dongeng besutannya yang telah terlebih dulu ada, "The Nightmare Before Christmas" (1993), "Big Fish" (2003), dan "Charlie and The Chocolate Factory" (2005).

Selain itu, Tim Burton piawai dalam memilih pemain yang berperan di film ini. Bukan pertama kalinya ia menggandeng arktor Johnny Depp dan aktris Helena Bonham Carter. Keduanya pernah membintangi film besutan Tim Burton berjudul "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street" (2007).

Kemampuan akting Johnny Depp tidak perlu diragukan lagi. Ia adalah pemain watak yang bisa memainkan segala macam karakter, baik sebagai penjahat maupun tokoh konyol yang disukai anak-anak.

Depp pernah berperan sebagai Willy Wonka dalam "Charlie and The Chocolate Factory" dan sebagai Jack Sparrow dalam trilogi "Pirates of The Carribean" (2003, 2006, 2007), di mana ia dituntut bertingkah konyol.

Tak kalah dengan Johnny Depp, maka Helena Bonham Carter pun bukan aktris baru. Ia patut disejajarkan dengan Jonhnny Depp. Terakhir kali, Helena Bonham Carter menjadi peran pembantu dalam rangkaian film "Harry Potter" sebagai Bellatrix Lestrange, mulai seri kelima hingga seri ketujuh.

Ada pula mantan aktris remaja Anne Hathaway yang tak perlu diragukan lagi kemampuan aktingnya. Artis yang namanya melejit lewat "Princess Diaries 1&2" (2001,2004) ini pernah membintangi film bergenre dongeng, yaitu "Ella Enchanted" (2004).

Sementara itu, meskipun tergolong belia dan belum memiliki banyak pengalaman malang melintang di dunia perfilman, penampilan Mia Wasikowska sebagai Alice cukup mengagumkan.

Dikenal sebagai aktris muda dari Australia, Mia Wasikowska menjajal perfilman internasional lewat drama seri "In Treatment" (2008) dan membintangi film "Amelia" (2009). Mia diramalkan menjadi nominator Oscar 2011 kategori best actress.

Alice In Wonderland tayang di bioskop Indonesia mulai awal Maret 2010 kemarin. Beberapa bioskop menyediakan efek 3D, bila ada penonton yang ingin merasakan "nyata"-nya negeri Wonderland.

Film ini berisi banyak humor yang mampu mengocok perut penonton. Alice In Wonderland cocok ditonton semua umur dan keluarga.

7 komentar:

  1. sudah nonton tapi gak terlalu berkesan ya filmnya =/

    BalasHapus
  2. wah template nya ganti gan...
    udah lama gag visit euy...
    ana lagi garap blog baru euy.. minta dukungannya..

    ana bikin artikel gila ama tips gila disini
    berkunju7ng ya...
    http://alifmyname.blogspot.com

    BalasHapus
  3. @Belanja Online: hehe begitu ya... hehe ya2... mang suka nonton film ap?
    @Alif: Iya boz.. ok boz sukses buat blog barunya, ya nti ane berkunjung... let's blogging

    BalasHapus
  4. Filmnya biasa aja menurut saya. Terlalu datar & minim konflik. Saya malah hampir tidur pas nonton

    Efek visualnya sih bagus, walaupun di beberapa bagian penampilan karakternya terkesan terlalu komikal alias dibuat-buat...

    BalasHapus
  5. filmnya gak terlalu bagus dan juga mending liat spiderman aja lebih seru heheh

    BalasHapus